SEDIKIT BERBAGI
Sebelumnya mohon maaf
sekali bukan untuk menggurui, karena saya percaya ibu dan bapa guru/TU sudah
sangat mahir dalam IT, ini hanya sedikit berbagi dari pengalaman sendiri, 2
minggu yang lalu ketika rapat menjelang UKK, admin sekolah tidak lain Ibu Nina
Janiati meminta guru-guru mengumpulkan dokumen diantara Ijazah SD dan ijazah terakhir,
KK, SK kepegawaian dan Foto 4x6 tidak lain adalah untuk pengajuan pemutakhiran
NUPTK yang diajukan secara online ke alamat padamunegeri.kemdikbud.co.id.
setelah berkas terkumpul admin memasukan data untuk mendapatkan no akun
masing-masing PTK yang dikenal dengan verval tahap I. Nah ketika di acara rapat
dinas kembali yaitu rapat kenaikan kelas admin menginformasikan seluruh PTK
harus mengambil secarik kertas di TU yang isisnya no no aktivasi untuk
melanjutkan ke verval tahap dua. Yang InsyaAlloh
akan dilaksanakan bersama-sama hari senin di tempat kerja kita.
Hal pertama yang harus
kita lakukan adalah aktivasi akun PTK. cara aktivasi akun PTK sebagai berikut :
1.
login ke situs. http://padamu.siap.go.id
2.
klik aktivasi akun PTK
3.
Isi NUPTK
dan kode aktivasi yang tertulis pada Surat Tanda bukti VerVal Lv1 PTK.
·
- USER ID :
masukan NUPTK guru/TU ybs. ( lihat di surat tanda bukti verval NUPTK LV.1)
·
KODE AKTIVASI: masukan
kode aktivasi ( lihat di surat tanda bukti verval NUPTK LV.1)
4.
pada tahap ini kita
diminta memasukan password. silahkan tulis password dan ikuti langkah selanjutnya
jangan lupa simpan informasi validasi yang muncul, karena jika kita mengisi
data dengan benar maka sistem akan menampilkan informasi.
5.
klik simpan dan keluar
dari aplikasi.
6.
berikutnya silahkan
login PTK :
7.
Untuk login, gunakan
NUPTK, lalu pada kotak isian password. masukan password yang tadi dibuat pada
saat aktivasi akun PTK.
8.
Klik Login
9.
Selanjutnya silahkan
cek data PTK. jika terjadi kesalahan pada saat input data kembali lagi ke
verval 01 dan lakukan edit seperlunya. tapi jika datanya sudah ok, lanjutkan
dengan mengisi angket…pada tahap ini kita harus menjawab pertanyaan dengan cara
memilih satu atau beberapa pilihan jawaban yang diberikan. (santai saja
pertanyaan-pertanyaan ini bukan seperti UKG yang terdiri dari pedagogik dan
profesional tetapi pertanyaan yang ada di EDS ketika ibu/bapa mengisi di sekolah
@waktu habis jalan hut subang. Ayo masih ingat ga....?????
10. Terakhir Pada Kolom isi Data, isilah biodata dengan benar, ingat
tahap ini mesti hati-hati jangan sampai informasi yang kita berikan tidak
tepat,OK.
11. Supaya ibu/bapak mempersiapkan, data yang harus diisi diantaranya :
a.
Biodata dan Kontak
·
Alamat lengkap
·
No Telp/HP
·
Agama
·
Data Keluaraga (Nama
suami/istri dan anak lengkap dengan NIK dan lahirnya)
b.
Data Kepegawaian
·
Status kepegawaian
·
TMT awal
·
No SK pengangkatan
·
Pangkat/golongan
terakhir
·
TMT golongan terakhir
·
Gaji pokok
·
Mata pelajaran
·
TMT mulai
mengajar/tugas (bagi yang non PNS)
c.
Riwayat mengajar
Riwayata pengalaman
mengajar (ibu/bapak gak perlu menyiapkan dokumen yg banyak ko, yang diisikan
hanya perlu memasukan riwayat mengajar mulai Juni 2012 semester 1 s/d Januari
2013 semester 2 saja)
d.
Riwayat pendidikan
Yang harus diisi hanya
data SD dan pendidikan terakhir (nama sekolah, tahun masuk, dan tahun lulus). Setelah
itu beresss
Setelah selesai semua, ibu/bapak bisa menggunakan padamunegeri.kemdikbud
seperti halnya Facebook or twiter. Karena di dalamnya sama cuma anggotanya dari
kalangan pendidikan semua.
Sekian, semoga
bermanfaat.......Salam SMANSA
0 komentar:
Posting Komentar