STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
MATA PELAJARAH SEJARAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
|
|
A.
PROGRAM IPA
|
|
1
|
Memahami ruang lingkup ilmu sejarah
|
2
|
Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
|
3
|
Menganalisis
masa pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia
|
4
|
Menganalisis
kehidupan awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal-usul dan
persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia
|
5
|
Menganalisis perkembangan masa
negara-negara tradisional yang meliputi masa Hindu-Buddha, Islam di Indonesia
|
6
|
Membandingkan perkembangan masyarakat
Indonesia masa penjajahan Hindia-Belanda dan Pemerintahan Pendudukan Jepang
|
7
|
Menganalisis proses kelahiran dan
pertumbuhan nasionalisme di Indonesia
|
8
|
Merenkonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan periode Demokrasi
terpimpin
|
9
|
Merekonstruksi pergantian pemerintahan
masa awal kemerdekaan (1945-1955), Demokrasi terpimpin (1955-1967), ke masa
pemerintahan Orde Baru (1967-1998) sampai periode Reforrmasi (sejak 1998 s/d
sekarang)
|
10
|
Merekonstruksi
perkembangan masyarakat pada masa Orde Baru
|
11
|
Menganalisis perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi sesudah Perang Dunia II sampai dengan pertumbuhan
teknologi mutahir
|
B.
PROGRAM IPS
|
|
1
|
Memahami ruang lingkup ilmu sejarah
|
2
|
Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
|
3
|
Menganalisis
masa pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia
|
4
|
Menganalisis
kehidupan awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal-usul dan
persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia
|
5
|
Menganalisis kehidupan awal,
peradaban manusia Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia, serta asal usul
dan persebaran manusia di Indonesia
|
6
|
Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional,
meliputi perkembangan budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa
Hindu-Buddha, masa Islam, proses
interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
|
7
|
Menganalisis kesejarahan masa
kolonial Hindia Belanda (pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi,
demografi, sosial, serta politik dan masa kolonial Jepang yang meliputi
perubahan sosial-ekonomi, politik
|
8
|
Menganalisis pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia
(Revolusi Perancis, revolusi Amarika, revolusi Rusia) terhadap perubahan
sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
|
9
|
Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuk
Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan lahirnya Undang-Undang Dasar 194
|
10
|
Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, kerajaan-kerajaan Islam, permerintahan
colonial Belanda, Inggris, Pemerintahan Pendudukan Jepang, meliputi politik
(lahirnya gerakan pendidikan dan nasionalisme), cita-cita terbentuknya Negara
merdeka dan sebagainya
|
11
|
Menganalisis perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan
NKRI darii ancaman disintegrasi bangsa, antara lain Peristiwa Madiun 1948,
Pemnerontakan DI/TII, Peristiwa PERMESTA, Peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan
Gerakan G-30-S/PKI
|
12
|
Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi sampai
dengan masa Orde Baru, dan masa Reformasi, meliputi Masa Pemerintahan Demokrasi Terpimpin (Orde
baru, 1945-1967), masa Demokrasi Pancasila (Orde Baru, 1967-1998), dan masa
peralihan ke masa Reformasi(1998 –sekarang)
|
C. PROGRAM BAHASA
|
|
1
|
Memahami ruang lingkup ilmu sejarah
|
2
|
Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
|
3
|
Menganalisis masa
pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia
|
4
|
Menganalisis kehidupan
awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal-usul dan
persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia
|
5
|
Menganalisis kehidupan
masyarakat Indonesia periode kerajaan-kerajaan tradisional yang meliputi masa
kerajaan Hindu Budha dan Islam
|
6
|
Menganalisis perkembangan
bahasa dan karya sastra masa kebudayaan Hindu-Budha dan Islam
|
7
|
Menganalisis perkembangan
masyarakat dan bahasa, karya sastra masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda
|
8
|
Menganalisis proses
kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
|
9
|
Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia
periode proklamasi (1945-1955),
Orde Lama (1955-1967),
Orde Baru (1967-1998) dan Reforrmasi (1998 -) meliputi
perkembangan politik, ekonomi, sosial, bidang budaya, bahasa, dan karya
sastra
SKL ini dirumuskan dalam bentuk kisi-kisi Ujian Sekolah yang disusun oleh MGMP Kabupaten, kemudian dikembangkan dalam bentuk soal oleh guru mata pelajaran di masing-masing satuan pendidikan |
Rabu, 12 Februari 2014
Browse » Home »
Ujian Sekolah
» SKL Mata Pelajaran Sejarah SMA/MA
SKL Mata Pelajaran Sejarah SMA/MA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar