(Tugas Sejarah kelas XII IPA)
Pembelajaran
sejarah terkadang membuat dilema bagi sebagian besar guru sejarah termasuk saya
khususnya. Jika siswa dibawa dalam pembelajaran fasip dimana siswa hanya duduk,
diam, mendengar, sesekali mencatat yang dianggap perlu, dan bertanya jika ada
yang tidak jelas, ini akan memakan energi yang banyak khususnya bagi guru yang
menjelaskan. Sebaliknya jika dituntut siswa full aktif itupun akan menyita
waktu yang banyak lebih-lebih jika materi yang dihadapi sangat banyak. Sistem diskusi
akan muncul siswa yang bersifat heterogen artinya tidak semua belajar. Karena dalam
diskusi biasanya yang muncul kejenuhan dan kebosanan. Pada kesempatan ini saya
akan membuat satu sistem belajar dimana ada pembagian job dalam setiap kelompok
, siswa tidak hanya menunggu disuapin oleh guru tetapi mencari sendiri materi
sehingga siswa akan punya tanggungjawab tersendiri bagaimana mencari dan
menyampaikan ilmu kepada teman-temannya. Nah maka
dari itu saya ingin mengajak kalian menjadi
seorang guru yang mempersiapkan semua
rencana, mengeksekusi rencana menjadi presentasi indah dan mengevaluasi
penampilan dengan refleksi.
Gimana caranya?
Kalian cukup lakukan tahapan
sebagai berikut :
1. Bagi kelas anda menjadi 6 kelompok (silahkan pilih anggota sendiri dipimpin ketua
kelas)
Dan
pembagian tugasnya sebagai berikut :
Kelompok
|
Pembagian Materi
|
1
|
Krisis multidimensi pada masa Orde Baru
|
2
|
Kronologi Runtuhnya Orde Baru dan Lahirnya Reformasi
|
3
|
Perkembangan Politik Setelah 21 Mei 1998
|
4
|
Kondisi Sosial Ekonomi
Masyarakat di Berbagai Daerah Sejak Reformasi
|
5
|
Biografi
preiden RI dari Soekarno s.d Susilo Bambang Yudoyono
|
6
|
Permasalahan
politik, hukum, HAM, Sosial, Ekonomi dan Budaya pada masa Reformasi sampai
sekarang
|
2. Rangkum dan cari beberapa bahan yg mendukung materi kelompok anda dari buku paket
sejarah, LKS dan internet dan beberapa literatur yang mendukung materi kelompok
anda
3. Buat Presentasi menggunakan Mind Map dari bahan
rangkuman anda tadi (ingat pahami terlebih dahulu materi anda kemudian buat
peta konsepnya dan cobalah berekspresi serta berkreasi dari materi tersebut)
4. Tutorial dan software pendukung serta contoh gambar atau video
5. Kerjakan
tugas ini selama 1 minggu, kalian berhak berinovasi dan berkreasi
sebagus mungkin dalam presentasi nanti. Gunakan hyperlink untuk
mempercantik tampilan, namun yang lebih ditekankan dalam penilaian presentasi nanti
adalah kematangan kelompok anda dalam merencanakan materi, kemudian pemahaman
dalam presentasi dan output dari penonton yang terlihat apakah memahami
presentasi kelompok anda atau tidak
6. Penilaian akan didasarkan pada :
·
Nilai Tugas Individu : dari kinerja tiap anggota dalam kelompok dan
dilihat dari Jurnal Kerja dan presentasi di depan kelas (jadi usahakan anda mendapatkan
jatah presentasi jangan hanya dibelakang layar)
·
Nilai Tugas Kelompok : Berdasarkan hasil (produk) dan presentasi kelompok
serta tepuk tangan atau tanggapan penonton, apakah layak presentasi kelompok
anda atau tidak
0 komentar:
Posting Komentar