Senin, 29 Oktober 2012

MENGGALI POTENSI DENGAN TUGAS MIND MAP


(Tugas Sejarah kelas XII IPA)

Pembelajaran sejarah terkadang membuat dilema bagi sebagian besar guru sejarah termasuk saya khususnya. Jika siswa dibawa dalam pembelajaran fasip dimana siswa hanya duduk, diam, mendengar, sesekali mencatat yang dianggap perlu, dan bertanya jika ada yang tidak jelas, ini akan memakan energi yang banyak khususnya bagi guru yang menjelaskan. Sebaliknya jika dituntut siswa full aktif itupun akan menyita waktu yang banyak lebih-lebih jika materi yang dihadapi sangat banyak. Sistem diskusi akan muncul siswa yang bersifat heterogen artinya tidak semua belajar. Karena dalam diskusi biasanya yang muncul kejenuhan dan kebosanan. Pada kesempatan ini saya akan membuat satu sistem belajar dimana ada pembagian job dalam setiap kelompok , siswa tidak hanya menunggu disuapin oleh guru tetapi mencari sendiri materi sehingga siswa akan punya tanggungjawab tersendiri bagaimana mencari dan menyampaikan ilmu kepada teman-temannya. Nah maka dari itu saya  ingin mengajak kalian menjadi seorang guru  yang mempersiapkan semua rencana, mengeksekusi rencana menjadi presentasi indah dan mengevaluasi penampilan dengan refleksi.
Gimana caranya?
Kalian cukup lakukan tahapan sebagai berikut :
1.       Bagi kelas anda menjadi 6 kelompok (silahkan pilih anggota sendiri dipimpin ketua kelas)
Dan pembagian tugasnya sebagai berikut :

Kelompok
Pembagian Materi
1
Krisis multidimensi pada masa Orde Baru
2
Kronologi Runtuhnya Orde Baru dan Lahirnya Reformasi
3
Perkembangan Politik Setelah 21 Mei 1998
4
Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Berbagai Daerah Sejak Reformasi
5
Biografi preiden RI dari Soekarno s.d Susilo Bambang Yudoyono
6
Permasalahan politik, hukum, HAM, Sosial, Ekonomi dan Budaya pada masa Reformasi sampai sekarang
2.       Rangkum dan cari beberapa bahan yg mendukung materi kelompok anda dari buku paket sejarah, LKS dan internet dan beberapa literatur yang mendukung materi kelompok anda
3.       Buat Presentasi menggunakan Mind Map dari bahan rangkuman anda tadi (ingat pahami terlebih dahulu materi anda kemudian buat peta konsepnya dan cobalah berekspresi serta berkreasi dari materi tersebut)
4.       Tutorial dan software pendukung serta contoh gambar atau video
5.       Kerjakan tugas ini selama 1 minggu, kalian berhak berinovasi dan berkreasi sebagus mungkin dalam presentasi nanti. Gunakan hyperlink untuk mempercantik tampilan, namun yang lebih ditekankan dalam penilaian presentasi nanti adalah kematangan kelompok anda dalam merencanakan materi, kemudian pemahaman dalam presentasi dan output dari penonton yang terlihat apakah memahami presentasi kelompok anda atau tidak
6.      Penilaian akan didasarkan pada :
·       Nilai Tugas Individu : dari kinerja tiap anggota dalam kelompok dan dilihat dari Jurnal Kerja dan presentasi di depan kelas (jadi usahakan anda mendapatkan jatah presentasi jangan hanya dibelakang layar)
·       Nilai Tugas Kelompok : Berdasarkan hasil (produk) dan presentasi kelompok serta tepuk tangan atau tanggapan penonton, apakah layak presentasi kelompok anda atau tidak

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar